Please enable JavaScript!
Bitte aktiviere JavaScript!
S'il vous plaît activer JavaScript!
Por favor,activa el JavaScript!
antiblock.org

Hal yang Tak Boleh Dilupakan Saat Kredit Rumah Baru | ShiroSafe
 

Hal yang Tak Boleh Dilupakan Saat Kredit Rumah Baru

Admin

Memiliki rumah baru memang jadi cita – cita hampir semua orang. Membeli rumah baru kadang kalanya terbilang gampang – gampang susah, apalagi buat Anda yang baru pertama kalinya berniat untuk membeli rumah baru. Membeli rumah baru pastinya butuh proses yang panjang dan pastinya juga akan menguras energi.

Sebagian orang bahkan ada yang percaya bahwa membeli rumah itu artinya mereka harus siap berkomitmen. Pasanya, memiliki rumah baru sendiri, berarti akan memperhitungkan dengan baik biaya pemeliharaan rumah tersebut.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah baru, khususnya ketika membelinya dengan cara kredit, berikut ini ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lupakan. Apa saja itu? Mari simak baik – baik hal yang tak boleh dilupakan saat kredit rumah baru di bawah ini.

Hal yang Tak Boleh Dilupakan Saat Kredit Rumah Baru

Cek harga dan pastinya sesuai dengan kemampuan keuanganmu

Untuk urusan satu ini Anda pastinya harus lebih teliti lagi mengenai masalah harga yang dipatok untuk beli rumah baru dengan sistem kredit. Cel kembali, harga rumah tersebut sudah mencakup apa saja. Umumnya harga rumah sudah termasuk PPN 10%, biaya untuk Akta Jual Beli atau AJB, dan biaya Sertifikat Hak Guna Bagunan atau SHGB. Tetapi harga masih belum termasuk Bea Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan atau BPHTB dan biaya Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR, termasuk halnya provisi, notaris, administrasi, asuransi jiwa dan kebakaran, ETC, serta APHT. Harga rumah ditambah dengan BPHTB biasanya disebut sebagai harga pengikatan.

Khususnya untuk pembayaran rumah baru dengan fasilitas KPR atau Kredit Pemilikan Rumah dari bank, Anda perlu memperhatikan tahapan pembayaran rumah baru tersebut dari uang tanda jadi sampai akad kredit rumah. Jangan sampai Anda salah paham, atau malah persiapan uangmu kurang. Sangat disarankan sekali agar Anda tidak langsung tergiur dan berpikir pendek untuk langsung beli rumah dengan sistem kredit yang pertama kali Anda lihat. Ada baiknya Anda lakukan pinjauan terlebih dulu sebelum kredit rumah baru.

Anda bisa mencari informasi sebanyak – banyaknya mengenai harga pasar kredit rumah baru di daerah tersebut, baik itu secara online atau pun secara langsung untuk memastikan harga yang terbaik dan paling pas dengan keuanganmu. Keputusan terakhir yang Anda buat lebih baik didasari dengan hasil riset harga pasar untuk kredit rumah baru. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk memperhitungkan kapan waktu yang paling tepat untuk membeli rumah baru tersebut. Cek kondisi pasar properti. Sebab, waktu yang terbaik saat kredit rumah baru adalah pada saat bunga kredit atau pinjaman sedang alami penurunan.

Memeriksa kondisi rumah baru yang akan dibeli

Salah satu hal yang penting sekali untuk Anda lakukan pada saat akan melakukan kredit rumah baru adalah dengan memeriksa kualitas, dan juga kondisi semua rumah baru yang akan Anda beli. Jangan sampai Anda temukan ada kecatatan serius yang dengan sengaja ditutupi oleh si penjual rumah. Selain itu, periksa juga kondisi bangunan rumah baru tersebut, apa bangunannya dalam kondisi yang baik dan kuat. Anda juga tidak boleh lupa untuk mengecek semua saluran air, apa masih berfungsi dengan baik atau tidak. Apa hunian tersebut sehat?

Apabila Anda menemukan kecacatan pada rumah baru yang jadi incaranmu tersebut, maka Anda perlu melakukan negosiasi dengan pemilik atau penjual rumah. Apa Anda akan mendapatkan potongan harga, atau penjual bersedia untuk melakukan perbaikan terlebih dulu, Anda bahkan memiliki hak penuh untuk melakukan pembatalan pembelian pada rumah baru tersebut.

Silakan Anda lakukan survei secara detail pada rumah baru yang akan Anda beli dengan sistem kredit tersebut. Survei ini bisa saja dilakukan lewat internet atau survei lapangan. Anda bisa buat scoring, komparasi, dan juga analisa berdasarkan parameter serta spesifikasi rumah baru yang jadi incaranmu tersebut. Biasanya, pemetaan denah ruangan sudah dilengkapi dengan ukuran ruangan dan skala tertentu. Silakan pelajari dengan baik ukuran ruangan yang ada, supaya Anda bisa punya visualisasi secara jelas tentang fungsi dari ruangan satu dengan yang lainnya.

Tidak hanya itu sja, Anda juga perlu sekali memperhatikan pengembang atau pun kontraktor rumah baru tersebut dengan baik. Apabila Anda ragu dengan hasil pekerjaan mereka, maka tidak ada salahnya juga untuk mengeceknya secara langsung ke lokasi tempat mereka menggarap proyek terbaru. Cek pula legalitas izin pembangunan rumah tersebut, apa mereka sudah mematuhi hukum dan jalankan bisnisnya dengan disiplin atau tidak. Silakan Anda cari tahu hal ini melalui konsumen sebelumnya.

Memeriksa lingkungan dan keamanan rumah baru

Hal penting lain yang tak boleh dilupakan saat kredit rumah baru adalah dengan memperhatikan kondisi lingkungan di sekitar rumah tersebut. Perhatikan apa lingkungan rumah baru sudah cukup kondusif untuk tempat tinggal. Memeriksa keamanan lingkungan juga tidak boleh sampai Anda lewatkan. Selain itu, Anda juga harus mengetahui budaya masyarakat di sekitar dan tingkat kriminalitasnya.

Khususnya untuk keluarga muda dengan memiliki anak kecil, Anda bisa memilih rumah baru di dalam perumahan, sebab lebih memudahkan dalam manajemen anak. Rumah di dalam perumahan ini juga relatif lebih aman, sebab biasanya ada satpam dan ada fasilitas CCTV yang mengawasi arus keluar masuk kendaraan dan tamu selama 24 jam.

Memperhatikan lokasi rumah yang jadi incaranmu

Lokasi juga menjadi parameter utama pada saat Anda akan membeli rumah baru. Kredit rumah baru dengan harga murah biasanya berada cukup jauh dari pusat kota. Apabila Anda tetap ingin membelinya, silakan perhatikan apa akses dari rumah Anda menuju ke jalan utama cukup dekat.

Selain itu, silakan perhatikan juga apa letak rumah tersebut dekat dengan area publik yang lainnya. Apabila lokasi rumah incaranmu jauh dari tempat Anda bekerja, maka pikirkan juga berapa ongkos yang harus Anda keluarkan. Ingat selalu bahwa membeli rumah baru sebagai tempat tinggal itu artinya rumah tersebut akan Anda tempati atau tinggali untuk jangka waktu yang lama. So, jangan sampai menyesal dikemudian hari hanya karena tidak memperhatikan faktor ini saat kredit rumah baru.

Memeriksa dengan baik posisi rumah baru

Hal penting terakhir yang tidak boleh dilupakan saat kredit rumah baru adalah memeriksa dengan baik posisi rumah baru tersebut. Silakan pilih rumah yang menghadap sinar matahari pagi, sebab lebih sehat, dan ketika malam hari kondisi rumah Anda juga tidak akan panas. Posisi rumah ini juga akan menentukan harga dari rumah baru di sebuah perumahan.

Demikianlah tadi beberapa hal yang tak boleh dilupakan saat kredit rumah baru. Perlu diketahui juga bahwa posisi hook atau pojokan ternyata kerap kali jadi incaran banyak pembeli, sebab penghuni bisa kembangkan rumah barunya dengan ukuran yang lebih besar. Meskipun biasanya, harganya ditawarkan lebih mahal.

Posting terkait yang mungkin Anda sukai